SILABUS
NAMA SEKOLAH :
SMK SWASTA SINAR HUSNI
MATA PELAJARAN :
Perawatan dan Perbaikan Chasis dan Sistem Pemindah Tenaga
KELAS/SEMESTER :
XII / VI
STANDAR KOMPETENSI : pemeliharaan / servis sistem suspensi
KODE KOMPETENSI :
OPKR-40-014B
Alokasi waktu :
32 x
45 menit
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
||
TM
|
PS
|
PI
|
||||||
1.
Memelihara/
servis
sistem
suspensi
dan/atau
komponenkomponennya.
|
Pemeriksaan
sistem suspensi
dilaksanakan
tanpa menyebabkan
kerusakan
terhadap komponen/sistem
lainnya
Informasi
yg benar diakses dari
spesifikasi
pabrik & dipahami
Pemeriksaan
sistem suspensi dipakai
berdasarkan
metode & perlengkapan yg
sesuai
terhadap spesifikasi pabrik
Kondisi
sistem/komponen ditentukan
dengan
membandingkan kondisi
komponen
yg sebenarnya (standar) pada
spesifikasi
pabrik untuk batasan/toleransi
sesuai
dengan perundang-undangan
kelaikan
kendaraan
Data
yg tepat dilengkapi sesuai hasil
pemeriksaan
sistem suspensi
Seluruh
kegiatan pemeriksaan sistem
suspensi
& pengidentifikasian kondisi
dilaksanakan
berdasarkan SOP, UU K3,
peraturan
perundang-undangan &
prosedur/kebijakan
perusahaan
|
Konstruksi
& kerja
sistem
suspensi
Prosedur
pemeriksaan,
pengujian
&
menentukan
kondisi
sistem/komponen
suspensi
|
.
Persyaratan keselamatan diri
Persyaratan keamanan komponen
Prinsip memeriksa sistem suspensi
Konstruksi dan kerja sistem suspensi
yang sesuai
Prosedur pemeriksaan sistem suspensi
dan pengujian (sesuai pada kegunaan)
Prosedur menentukan kondisi
sistem/komponen suspensi.
Informasi teknik yang sesuai
Kebijakan perusahaan.
Melaksanakan pemeriksaan sistem/
komponen suspensi secara rutin
Mengidentifikasi kondisi sistem suspensi
dan komponennya
|
Tes
tertulis
Tes
praktik
|
20
|
20
40
|
|
SOP
UU K3
Hand tools
Special tools
Power tools
Perlengkapan
pengangkatan
Peralatan
penyangga/
jack stand
Perlengkapan
pengukuran
Perlengkapan
pengujian
Modul
Buku referensi:
New Step 1 Toyota
Manual Toyota
Manual Suzuki
Manual Mitsubishi
|
No comments:
Post a Comment