MAKALAH EVALUASI PENGAJARAN
DISUSUN OLEH:
NAMA NIM
Ø RAHMAD NUR RIZKY 5113122038
Ø M. HERU PURNOMO 5113122029
Ø ARI PURWADI 5113122003
Ø RICO ANDY E. TARIGAN 5113122034
PROGRAM
PENDIDIKAN TEKNIK OTOMOTIF
JURUSAN
PENDIDIKAN TEKNIK MESIN
FAKULTAS
TEKNIK UNIMED
TA:
2012-2013
Dengan kerendahan hati
kami ucapkan puji dan syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas berkat
dan rahmat-Nya kepada kami, sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ini
dengan baik.
Makalah yang berjudul
MENGANALISIS BUTIR TEST ini ditujukan untuk memenuhi tugas kelompok mata kuliah
EVALUASI PENGAJARAN Dalam penyusunan makalah ini, banyak kendala dan hambatan
yang kami hadapi, namun berkat dukungan moril dan materil dari berbagai pihak,
akhirnya kami dapat menyelesaikan
makalah ini tepat pada waktunya.
Dengan hormat kami
ucapkan terima kasih kepada Bapak Prof. Dr. A. Hasan Saragih, M.pd selaku dosen
mata kuliah EVALUASI PENGAJARAN yang telah banyak memberikan masukan dan
bimbingan kepada kami dalam menyelesaikan makalah ini. Seiring dengan itu, kami
juga tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada para orang tua kami yang telah
memberikan bantuan moril dan materil.
Kami menyadari bahwa
makalah ini belum sempurna dan masih banyak kekurangannya, untuk itu kami
mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari para pembaca untuk melengkapi
makalah ini.
Akhir kata kami
mengucapkan terima kasih atas perhatiannya, semoga makalah ini dapat memberikan
manfaat bagi para pembaca.
Medan, 28 oktober 2013
Penulis,
Kelompok
7
Setiap kegiatan penelitian memerlukan data yang dapat
diperoleh melalui pengukuran. Data merupakan
bahan utama suatu
kegiatan penelitian, maka kebenaran suatu
data menentukan keterandalan
hasil penelitian. Salah satu
cara untuk memperoleh data hasil belajar adalah melalui tes. Analisis
butir soal adalah
pengkajian pertanyaan tes
agar diperoleh perangkat pertanyaan
yang memiliki kualitas
yang memadai. Ada
dua jenis analisis butir soal,
yakni analisis tingkat
kesukaran soal dan analisis
daya pembeda di samping
validitas dan reliabilitas. Menganalisis tingkat
kesukaran soal artinya mengkaji soal tes dari segi kesulitannya sehingga
dapat diperoleh soal mana yang termasuk
mudah, sedang, dan
sukar. Sedangkan menganalisis
daya pembeda artinya mengkaji
soal tes dari
segi kesanggupan tes
tersebut dalam membedakan siswa
yang termasuk ke dalam kategori rendah dan kategori
tinggi prestasinya. Sedangkan validitas dan reliabilitas mengkaji
kesulitan dan keajegan pertanyaan tes.
Tingkat
kesukaran (difficulity index)atau
kita singkat TK dapat didefinisikan sebagai proporsi siswa peserta tes yang
menjawab benar (crorcker dan Algina,1986:311).definisi itu dapat dinyatakan
dengan sebuah rumus dimana TK adalah jumlah peserta yang menjawab benar dibagi
dgn jumlah peserta.
TK=
|
Σ B
|
Σ P
|
Keterangan:
TK=tingkat kesukaran
∑B=jumlah siswa yang menjawab benar
∑P=jumlah siswa peserta tes
Misalnya:
dari 10 siswa yang mengikuti uji
coba THB, pada butir 1 terdapat 7 orang dapat menjawab benar dan pada butir2 terdapat
2 orang dapat menjawab benar. berapakah tingkat kesukaran kedua butir soal
tersebut?
7
|
TK (1) =
--- = 0,70.
|
10
|
2
|
TK (2) =
--- = 0,20.
|
10
|
Nilai TK
butir merentang antara 0 sampai1 TK sebuah butir sama dengan nol terjadi bila
semua peserta tidak ada yang menjawab benar, sebaliknya Tk sebuah butir akan
sama dengan 1(satu) apabila semua peserta menjawab benar pada butir
tersebut.Semakin tinggi indeks TK maka butir soal semakin mudah.Dalam THB,TK
butir-butir soal diusahakan sedang.Kalau butir soal terlalu mudah atau terlalu
sukar bagi dua atau lebih peserta maka sekor tidak lagi dapat membedakan
kemampuan para peserta sekiranya di antara mereka terdapat perbedaan
kemampuan.butir yang sangat sukar sehingga tidak ada siswa yang dapat menjawab
dengan benar menyebabkan butir tersebut kehilangan kemampuannya membedakan siwa
yang mempunyai kemampuan tinggi dan rendah.begitu pula dengan butir yang sangat
mudah sehiingga semua peserta dapat menjawab benar.Oleh karenanya,butir
sebaiknya mempunyai TK yang sedang.
TK butir yang sedang berada dalam suatu rentang nilai
TK.Kriteria untuk menentukan rentang untuk TK sedang sangat tergantung jumlah
kategori yang diinginkan.Misalnya kategori TK meliputi sukar,sedang dan mudah
maka kriteria sedang adalah antara 0,33 sampai 0,66 Berikut pembagian kategori
TK ke dalam tiga kelompok:
Rentang TK
|
Kategori
|
0,00 – 0,32
|
Sukar
|
0,33 – 0,66
|
Sedang
|
0,67 – 1,00
|
Mudah
|
Namun, bila TK di klasifikasikan ke dalam
lima kelompok :sangat sukar ,sukar ,sedang ,mudah dan sangat mudah ,maka butir
soal di katakana mempunyai TK sedang bila indeks TK berada antara
0,40-0,59.secara keseluruhan pembagian rentang TK diatur sebagai berikut :
Rentang TK
|
Kategori
|
0,00 – 0,19
|
Sangat
sukar
|
0,20 –
0,39
|
Sukar
|
0,40 –
0,59
|
Sedang
|
0,60 –
0,79
|
Mudah
|
0,80 –
1,00
|
Sangat
mudah
|
Dalam beberapa situasi ,TK butir
soal tidak di usahakan sedang .Pada keadaan di mana diingin kan sebanyak
mungkin peserta tes dapat di nyatakan lulus maka butir di usahakan sangat mudah,missal
nya penerimaan siswa di mana diperkirakan jumlah daya tampung lebih banyak
daripada pelamar yang mendaftar .Sebaliknya,pada keadaan diinginkan peserta tes
sekecil mungkin dapat dinyatakan lulus, maka butir soal di usahakan sesukar
mungkin.
Daya pembeda
(discriminating power) atau kita
singkat DB adalah kemampuan butir soal THB membedakan siswa yang mempunyai
kemampuan tinggi dan rendah .DB berhubungan dengan derajat kemampuan butir
membedakan dengan baik perilaku pengambil tes dalam tes yang di kembangkan
(anstasi dan urbina ,1997:179). DB harus di usahakan positif dan setinggi
mungkin .Butir soal yang mempunyai DB positif dan tinggi berarti butir tersebut
dapat membedakan dengan baik siswa kelompok atas dan bawah .Siswa kelompok atas
adalah kelompok siswa yang tergolong pandai atau mencapai skor total hasil
belajar yang timggi dan siswa kelompok bawah adalah kelompok ssiswa yang bodoh
atau memperoleh sekor total hasil belajar yang rendah .DB itu dapat di tentukan
basarannya dengan rumus sebagai berikut:
DB = PT – PR
Atau
DB =
|
Σ T B Σ
R B
|
Σ
T Σ R
|
Keterangan:
PT = proporsi siswa yang menjawab
benar pada kelompok siswa yang mempunyai kemampuan tinggi .
PR = proporsi siswa yang menjawab benar
pada kelompok siswa yang mempunyai kemampuan rendah.
∑TB = jumlah peserta yang menjawab
benar pada kelompok siswa yang mempunyai kemampuan tinggi.
∑T = jumlah kelompok siswa yang
mempunyai kemampuan tinggi .
∑RB = Jumlah peserta yang menjawab
benar pada kelompok siswa yang mempunyai kemampuan rendah .
∑R = jumlah siswa yang mempunyai
kemampuan rendah .
Sebagai sebuah penjelasan di berikan
contoh sebagai berikut :
Sebanyak 10 orang mengikuti uji
coba THB berbentuk objektif dengan hasil sebagai berikut:
Siswa
|
Butir soal
|
Jumlah
|
|||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
||
A
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
10
|
B
|
0
|
1
|
0
|
0
|
1
|
0
|
0
|
1
|
0
|
0
|
3
|
C
|
1
|
1
|
1
|
0
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
8
|
D
|
1
|
0
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
9
|
E
|
0
|
0
|
0
|
1
|
1
|
1
|
0
|
0
|
0
|
1
|
4
|
F
|
1
|
0
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
9
|
G
|
0
|
0
|
1
|
1
|
0
|
1
|
1
|
0
|
1
|
0
|
5
|
H
|
0
|
1
|
0
|
0
|
0
|
1
|
0
|
0
|
0
|
1
|
3
|
I
|
1
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
1
|
0
|
2
|
J
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
10
|
Perhitungan DB dapat di lakukan
dengan langkah-langkah sebagai berikut:
1.
Menentukan suswa kelompok atas dan bawah. Kelompok
atas adalah setengah kelompok siswa (5 orang) yang mamperoleh skor terendah. Penentuan
kelompok atas dan kelompok bwah dapat di sajikan dalam tabel berikut:
Kelompok atas
|
Kelompok bawah
|
||
Siswa
|
Skor
|
Siswa
|
Skor
|
A
|
10
|
B
|
3
|
C
|
8
|
E
|
4
|
D
|
9
|
G
|
5
|
F
|
9
|
H
|
3
|
J
|
10
|
I
|
2
|
2.
Menghitung perolehan sekor butir pada kelompok atas
dan kelompok bawah.
Kelompok
atas
|
||||||||||
Siswa
|
Butir soal
|
|||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
|
A
|
1
|
0
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
C
|
1
|
1
|
1
|
0
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
D
|
1
|
0
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
F
|
1
|
0
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
J
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
Jumlah
|
5
|
2
|
5
|
4
|
5
|
5
|
5
|
5
|
5
|
4
|
Kelompok bawah
|
||||||||||
Siswa
|
Butir soal
|
|||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
|
B
|
0
|
1
|
0
|
0
|
1
|
0
|
0
|
1
|
0
|
0
|
E
|
0
|
1
|
0
|
1
|
1
|
1
|
0
|
0
|
0
|
1
|
G
|
0
|
1
|
1
|
1
|
0
|
1
|
1
|
0
|
1
|
0
|
H
|
0
|
1
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
1
|
1
|
I
|
1
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
Jumlah
|
1
|
4
|
1
|
2
|
2
|
2
|
1
|
1
|
2
|
2
|
3.
Menghitung DB
DB dihitung sebagai
mana rumusnya sebagai berikut:
a. Butir 1
DB (1) =
|
5
|
-
|
1
|
=
|
4
|
= 0,80
|
5
|
5
|
5
|
b. Butir 2
DB (2) =
|
2
|
-
|
4
|
=
|
2
|
= - 0,40
|
5
|
5
|
5
|
Sebuah butir THB yang baik adalah butir soal yang
mempunyai DB positif dan signifikan.DB akan positif apabia jumlah siswa
kelompok atas yang dapat menjawab dengan benar lebih banyak dari pada jumlah
siswa kelompok bawah.DB yang signifikan dimaksudkan sebagai mempunyai indexs
minimal+0,30 yang artinya pada butir yang baik jumlah siswa kelompok atas yang
dapat menjawab benar minimal30%lebih banyak dari pada jumlah siswa kelompok
bawah yang dapat menjawab benar.
Nilai DB akan merentang antara -1,00
hingga +1,00. Dengan mengambil contoh soal diatas,beberapa kondisi ekstrim
dapat di jelaskan sebagai berikut:
a. Bila semua
siswa kelompok atas dapat menjawab benar dan semua siswa kelompok bawah
menjawab salah,makaDB akan +1,00.
DB =
|
5
|
-
|
0
|
= + 1,00
|
5
|
5
|
b. Bila semua
siswa kelompok atas dapat menjawab salah dan semua siswa kelompok bawah
menjawab benar,maka DB -1,00.
DB =
|
0
|
-
|
5
|
= - 1,00
|
5
|
5
|
c. Bila baik
siswa kelompok atas maaupun kelompok bawah dpat menjawab dengan benar maka DB
akan 0,00.
DB =
|
5
|
-
|
5
|
= 0,00
|
5
|
5
|
d. Bila baik
siswa kelompok atas maupun kelompok bawah menjawab salah maka DB akan 0,00.
DB =
|
0
|
-
|
0
|
= 0,00
|
5
|
5
|
Berdasar nilai rentang DB diatas
dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut:
1.
Bila semua siswa baik kelompok atas maupun kelompok
bawah sama-sama menjawab benar atau sama-sama menjawab salah maka butir soal
tidak mempunyai kemampuan membedakan yang ditunjukkan oleh DB=0,00.
2.
Bila siwa kelompok atas yang dapat menjawab benar lebih
banyak dari pada kelompok bawah yang menjawab benar maka DB akan positif.
3.
Bila siwa kelompok atas yang dapat menjawab benar
lebih sedikit dari pada kelompok bawah yang menjawab benar maka DB akan
negative.
4.
Butir soal mempunyai DB tinggi apabila siswa kelompok
atas yang dapat menjawab benar lebih banyak dibandingkan siswa kelompok bwah
yang dapat menjawab benar dengan perbandingan tertentu hingga DB minimal +0,30.
Dalam menghitung DB terdapat
beberapa kejadian khusus yang harus diperhatikan:
a.
Bila data di tengah sama maka data yang sama di
keluarkan dari analisis. Misalnya: data skor hasil belajar enam orang siswa di
urutkan dari tinggi ke rendah adalah sebagi berikut: 10, 9, 7, 7, 4 dan 2. Data
skor yang sama adalah 7 dan di keluarkan dari analisis, sehingga perhitungan DB
melibatkan siswa yang memperoleh skor 10 dan 9 sebagai kelompok atas dan siswa
yang memperoleh skor 4 dan 2 sebagi kelompok bawah.
b.
Dalam hal jumlah siswa uji coba sangat banyak maka
penentuan kelompok atas dan bawah adalah dengan mengambil 27% siswaa yang
memperoleh skor tertinggi sebagai kelompok atas dan 27% siswa yang memperoleh
skor terendah sebagai kelompok bawah. Sebanyak 46% siswa di tengah distribusi
di keluarkan dan tidak di analisis. Perhitungan daya beda butir di dasarkan
pada “aturan 27%”. Menurut Kelly, pada kondisi normal, titik optimum di mana
dua kondisi seimbang di capai pada 27% kelompok atas dan bawah (Anastasi dan
Urbina, 1997: 182).
Perhitungan DB butir juga dapat
dilakukan dengan mengkorelasikan skor butir dengan skor total. Korelasi butir
dengan total menunjukkan kesejajaran nilai antara butir dengan total. Bila skor
butir bervariasi sejalan dengan variasi skor total maka butir tersebut mampu
membedakan dengan baik siswa yang mempunyai kemampuan tinggi dan rendah. Butir
di katakan mempunyai DB yang tinggi apabila korelasi butir itu dengan total
minimal +0,30. Adapun korelasi antara butir dengan total dapat di lakukan
menggunakan rumus product moment,
biserial, poin biserial. Phi atau tetrakorik (Crocker dan Algina, 1986:
317-319).
Analisis
butir juga dilakukan dengan meperhatikan pengecoh. Pengecoh (distractor) yang juga dikenal dengan
istilah penyesat atau penggoda adalah pilihan jawaban yang bukan merupakan
kunci jawaban.pengecoh bukan sekedar pelengkap pilihan.Pengecoh diadakan untuk
menyesatkan siswa agar tidak mememilih kunci jawaban pengecoh menggoda siswa
yang kurang begitu memahami materi pelajaran untuk memilihnya.Agar dapat
melakukan fungsinya untuk mengecoh maka pengecoh harus dibuat semirip mungkin
dengan kunci jawaban.
Pengecoh
dikatakan berfungsi efektif apabila paling tidak ada siwa yang terkecoh
memilih.Pengecoh yang sama sekali tidak dipilih tidak dapat melakukan
fungsinya sebagai pengecoh karena terlalu mencolok dan dimengerti oleh semua
siswa sebagai pengecoh soal.Pengecoh yang berdasarkan hasil uji coba tidak
efektif direkomendasikan untuk diganti dengan pengecoh yang lebih menarik.
Contoh
pengujian karasteristik butir
Sehubungan
dengan analisis butir secara klasik dapat diberikan
contoh sebagai berikut: THB uji coba adlah 10 butir soal tes obyektif pilihan
ganda dengan empat pilihan.jawaban 10 orang siswa uji coba dilaporkan hasilnyya
sebagai berikut:
Siswa
|
Butir soal
|
|||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
|
A
|
B
|
D
|
C
|
D
|
B
|
B
|
C
|
A
|
C
|
D
|
B
|
B
|
C
|
C
|
A
|
B
|
A
|
C
|
A
|
B
|
C
|
C
|
C
|
D
|
A
|
D
|
A
|
D
|
D
|
B
|
C
|
B
|
D
|
D
|
B
|
A
|
A
|
C
|
B
|
A
|
A
|
C
|
A
|
E
|
A
|
C
|
B
|
B
|
A
|
C
|
D
|
C
|
D
|
B
|
F
|
A
|
D
|
B
|
A
|
D
|
B
|
D
|
B
|
C
|
B
|
G
|
C
|
D
|
D
|
C
|
A
|
D
|
A
|
A
|
C
|
A
|
H
|
B
|
D
|
B
|
A
|
B
|
C
|
D
|
A
|
C
|
D
|
I
|
D
|
D
|
D
|
B
|
C
|
D
|
A
|
C
|
D
|
B
|
J
|
B
|
D
|
A
|
B
|
C
|
D
|
D
|
A
|
C
|
B
|
Kunci
|
B
|
D
|
C
|
A
|
A
|
B
|
D
|
A
|
C
|
B
|
Dari sebaran jawaban
tersebut,penghitungan skor uji coba dan analisis butir dapat diringkaskan dalam
tabel sebagai berikut:
Siswa
|
Butir soal
|
Jumlah
|
|||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
||
A
|
1
|
1
|
1
|
0
|
0
|
1
|
0
|
1
|
1
|
0
|
6
|
B
|
1
|
0
|
1
|
1
|
0
|
0
|
0
|
1
|
0
|
0
|
4
|
C
|
0
|
1
|
0
|
0
|
1
|
0
|
1
|
0
|
1
|
1
|
5
|
D
|
0
|
0
|
0
|
1
|
0
|
1
|
0
|
1
|
1
|
0
|
4
|
E
|
0
|
0
|
0
|
0
|
1
|
0
|
1
|
0
|
0
|
1
|
3
|
F
|
0
|
1
|
0
|
1
|
0
|
1
|
1
|
0
|
1
|
1
|
6
|
G
|
0
|
1
|
0
|
0
|
1
|
0
|
0
|
1
|
1
|
0
|
4
|
H
|
1
|
1
|
0
|
1
|
0
|
0
|
1
|
1
|
1
|
0
|
6
|
I
|
0
|
1
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
1
|
2
|
J
|
1
|
1
|
0
|
0
|
0
|
0
|
1
|
1
|
1
|
1
|
6
|
ΣB
|
4
|
7
|
2
|
4
|
3
|
3
|
5
|
6
|
7
|
5
|
|
TK
|
0,40
|
0,70
|
0,20
|
0,40
|
0,30
|
0,30
|
0,50
|
0,60
|
0,70
|
0,50
|
|
DB
|
0,40
|
0,60
|
0
|
0
|
-0,20
|
0,20
|
0,60
|
0
|
0,60
|
0,20
|
|
EP
|
E
|
TE
|
E
|
E
|
E
|
E
|
E
|
E
|
E
|
E
|
Keterangan:
SB = Jumlah siswa yang menjawab benar pada butir
ke-I
TK = Tingkat kesukaran
DB = Daya beda
EP = Efektivitas pengecoh
E = Efektif
TE = Tidak efektif
Bila ditetapkan kriteria untuk
memberikan penelitian butir adalah sebagai berikut:
1.
TK butir harus sedang yaitu antara 0,33 sampai 0,66
2.
DB harus tinggi yaitu minimal +0,30
3.
Pengecoh paling tidak seorang siswa ada yang memilih.
Berdasarkan ringkasan analisis butir
pada tabel di atas dan kriteria penilaian butir yang baik maka dapat
ditarik kesimpulan:
1.
Butir 3, 5 dan 6 terlalu sukar
2.
Butir 3, 4, 5, 6, 8, dan 10 tidak mampu membedakan
kemampuan siswa kelompok atas dan bawah.
3.
Pada butir 2 pengecoh A tidak efektif.
Perhitungan analisis butir itu selengkapnya dilakukan
sebagai berikut:
1.
Tingkat kesukaran
Misalnya TK butir 1 di hitung sebagai berikut:
TK (1) =
|
4
|
= 0,40
|
10
|
2.
Daya beda
Perhitungan DB dilakukan dengan langkah sebagai berikut:
a. Menentukan
siswa kelompok atas dan bawah.
Kelompok
atas
|
Kelompok
bawah
|
||
Siswa
|
Skor
|
Siswa
|
Skor
|
A
|
6
|
B
|
4
|
C
|
5
|
D
|
4
|
F
|
6
|
E
|
3
|
H
|
6
|
G
|
4
|
J
|
6
|
I
|
2
|
b. Menghitung
perolehan skor tiap-tiap butir pada siswa kelompok atas dan bawah.
Kelompok
atas
|
||||||||||
Siswa
|
Butir soal
|
|||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
|
A
|
1
|
1
|
1
|
0
|
0
|
1
|
0
|
1
|
1
|
0
|
C
|
0
|
1
|
0
|
0
|
1
|
0
|
1
|
0
|
1
|
1
|
F
|
0
|
1
|
0
|
1
|
0
|
1
|
1
|
0
|
1
|
1
|
H
|
1
|
1
|
0
|
1
|
0
|
0
|
1
|
1
|
1
|
0
|
J
|
1
|
1
|
0
|
0
|
0
|
0
|
1
|
1
|
1
|
1
|
Jumlah
|
3
|
5
|
1
|
2
|
1
|
2
|
4
|
3
|
5
|
3
|
Kelompok
bawah
|
||||||||||
Siswa
|
Butir soal
|
|||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
|
B
|
1
|
0
|
1
|
1
|
0
|
0
|
0
|
1
|
0
|
0
|
D
|
0
|
0
|
0
|
1
|
0
|
1
|
0
|
1
|
1
|
0
|
E
|
0
|
0
|
0
|
0
|
1
|
0
|
1
|
0
|
0
|
1
|
G
|
0
|
1
|
0
|
0
|
1
|
0
|
0
|
1
|
1
|
0
|
I
|
0
|
1
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
1
|
Jumlah
|
1
|
2
|
1
|
2
|
2
|
1
|
1
|
3
|
2
|
2
|
c. Menghitung
DB butir.
Misalnya DB
untuuk butir 1 dapat dihitung sebagai berikut:
DB (1) =
|
3
|
-
|
1
|
=
|
2
|
= 0,40
|
5
|
5
|
5
|
3.
Efektivitas pengecoh
Efektivitas
pengecoh dapat dianalisis sebagaimana ditabulasikan dan sebagai contoh
dianalisis tiga butir soal sebagai berikut:
Butir
|
Kunci
|
Pemilih
|
Pengecoh
|
Pemilih
|
Efektifitas
pengecoh
|
1
|
B
|
4
|
A
C
D
|
2
2
2
|
Efektif
Efektif
Efektif
|
2
|
D
|
7
|
A
B
C
|
0
1
2
|
Tidak
efektif
Efektif
Efektif
|
3
|
C
|
2
|
A
B
D
|
3
3
2
|
Efektif
Efektif
Efektif
|
Dan
seterusnya
|
Tes merupakan salah satu bentuk
instrumen evaluasi untuk mengukur seberapa besar kemampuan siswa dalam memahami
dan menguasai pokok-pokok materi yang sudah diajarkan, untuk itu seorang guru
harus melakukan tes kepada peserta didik setiap pemberian materi yang telah
dianggap selesai untuk mengetahui apakah dia bisa menerima atau memahami materi
yang sudah diberikan oleh seorang guru.
Ada dua bentuk tes yang digunakan,
antara lain tes standar dan tes buatan guru. Tes terstandar adalah tes yang
disusun oleh suatu tim ahli, atau disusun oleh lembaga yang khusus
menyelenggarakan secara professional. Sedangkan tes buatan guru adalah tes yang
dibuat seorang guru untuk merumuskan bahan dan tujuan khusus untuk kelasnya
sendiri dan masih dalam ruang lingkup sekolah tempat dia mengajar.
Analisis
soal antara lain bertujuan untuk mengadakan identifikasi soal-soal yang baik,
kurang baik, soal yang jelek. Dengan analisis soal dapat diperoleh informasi
tentang kejelekan sebuah soal dan petunjuk untuk mengadakan perbaikan. Dalam
analisis soal ada beberapa hal yang penting yaitu mencari taraf kesukaran, daya
pembeda, dan pola jawaban soal.
Sebagai
manusia biasa setiap orang pasti mempunyai kekurangan dan kelebihan,
diantaranya adalah pola pikir tiap individu yang berbeda-beda, ada yang cerdas,
pintar dan kurang pintar, untuk itu dalam suatu lembaga pendidikan hal inilah
yang sangat diperhatikan. Cara pengukuran pola pikir yang dilakukan lembaga
pendidikan (sekolah) yaitu melalui tes. tes-tes yang diberikan oleh pendidik
harus mempunyai bobot soal yang dianggap baik, dan soal-soal itu harus
benar-benar diperhatikan cara penyusunannya
Dr. Purwanto, M.Pd. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2009
No comments:
Post a Comment