Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran
Mata Pelajaran : Kompetensi kejuruan Mekanik Otomotif
Kelas/semester : XII /
2
Pertemuan ke : 1
Alokasi Waktu : 2 X 45 menit
Standar Kompetensi :
Pemeliharaan/servis sistem suspensi
Kode Kompetensi : OPKR-40-014
B
Kompetensi Dasar :Memelihara/servis
sistem suspensi
Indikator :
∙
Pemeliharaan/servis sistem suspensi dilaksana-kan tanpa menyebabkan kerusakan terhadap komponen/sistem
lainnya
∙
Informasi
yang benar diakses dari spesifikasi pabrik dan dipahami.
∙
Pemeliharaan/servis sistem suspensi dilaksana-kan berdasarkan metode dan perlengkapan yang sesuai terhadap
spesifika-si pabrik
∙
Data yang tepat dileng-kapi
sesuai hasil pemeli-haraan/servis
∙
Seluruh kegiatan
peme-liharaan/servis sistem suspensi dilaksanakan berdasarkan
SOP (Standard Operation Procedures), undang-undang K3
(Keselamatan dan Kesehatan Kerja), peraturan perundang-undangan dan prosedur/
kebijakan perusahaan.
I.
Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat
∙
Memahami fungsi suspensi
∙
Mengerti konstruksi dan cara kerja suspensi
∙
Menjelaskan perbedaan dari berbagai jenis suspensi
∙
Standar
prosedur keselamatan kerja.
II. Materi Pokok
∙
Konstruksi dan
prinsip kerja sistem suspensi
∙
Pemeliharaan/servis sistem suspense dan komponen-nya.
∙
Standar prosedur
keselamatan kerja.
III. Metode Pembelajaran
∙
Informasi
∙
Penugasan
∙
Observasi
∙
Diskusi
∙
Demonstrasi
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Awal
∙
Guru membagikan Modul
Kegiatan Inti
∙
Mempelajari prinsip kerja
sistem suspensi melalui penggalian
infomasi pada buku manual.
∙
Mempelajari konstruksi sistem
suspensi dengan pegas spiral dan dengan
pegas daun berikut komponen-komponennya
melalui penggalian infomasi pada modul.
∙
Mengidentifikasi peralatan
pemeliharaan/servis sistem kemudi dan/atau komponen-komponennya sesuai
ketentuan data spesifikasi pabrik.
∙
Mempelajari prosedur
pemeriksaan/servis sistem suspense aksil rigid dan/atau komponen-komponennya dengan menggali informasi melalui buku manual.
∙
Membersihkan pegas spiral dan
pegas daun pada sistem suspensi secara berkala.
∙
Membersihkan shock absorber
secara berkala.
∙
Membersihkan bushing pada
lengan pengontrol atas dan bawah, stabilzer dan dudukan shock absorber secara
berkala.
∙
Mengganti bushing pada lengan
pengontrol atas dan bawah, stabilzer dan dudukan shock absorber secara berkala.
∙
Memeriksa dan mengganti ball
joint lengan pengontrol atas dan bawah.
∙
Mengganti shock absorber dan
pegas spiral
∙
Memeriksa dan mengganti karet
pada dudukan pegas daun.
Kegiatan Akhir
∙
Siswa mengerjakan latihan soal-soal
yang ada pada modul
∙
Guru memberikan penilaian
V.
Alat dan Sumber Belajar
∙
Modul sistem suspensi
∙
Buku manual
∙
Suspensi Mc pherson
∙
Double wishbone
∙
Suspensi daun
∙
Special tools
∙
Hand tools
VI. Penilaian
∙
Tes Tertulis
∙
Non test (observasi/cek list)
dan lisan
SOAL
1.
Tuliskan fungsi dari Sistem
Suspensi !
2.
Tuliskan tipe-tipe suspensi !
3.
Tuliskan
jenis-jenis dari suspensi tipe bebas !
KUNCI
JAWABAN
1.
Fungsi sistem suspensi, yaitu :
a.
Selama berjalan , kendaraan secara
bersama – sama dengan roda , menyerap getaran , oskilasi dan kejutan dari
permukaan jalan , hal ini untuk melindungi penampung dan barang agar aman ,
serta menambah kenyamanan dan stabilitas.
b.
Memindahkan gaya pengereman dan
gaya gerak ke body melalui gesekan antara jalan dengan roda –roda .
c.
Menopang body pada axle dan
memelihara letak geometris antara body dan roda- roda.
2.
Suspensi dapat digolongkan menjadi
2 (dua) tipe, yaitu:
a.
Suspensi tipe rigrid ( rigid axle
suspension )
b.
Suspensi tipe bebas ( independent
suspension )
3. jenis-jenis suspensi tipe bebas yaitu :
a.
Suspensi
Mac. Pherson Dengan lengan melintang dan batang penahan
b.
Suspensi
Wish Bone (Lengan Melintang Dobel) Dengan Pegas Koil
c.
Suspensi
Independen Dengan Aksel Lengan Torsi
KRITERIA KELULUSAN
Aspek
|
Skor
(110)
|
Bobot
|
Nilai
|
Keterangan
|
Kognitif (soal no 1 s.d 5)
|
|
5
|
|
Syarat lulus, nilai minimal 70 dengan skor setiap aspek
minimal 7
|
Ketepatan prosedur pemeriksaan
|
|
1
|
|
|
Hasil pemeriksaan
|
|
2
|
|
|
Ketepatan waktu
|
|
1
|
|
|
Keselamatan kerja
|
|
1
|
|
|
Nilai Akhir
|
|
Kategori kelulusan :
70 s.d. 79 : memenuhi kriteria minimal dengan
bimbingan
80 s.d. 89 : memenuhi kriteria minimal tanpa
bimbingan
90 s.d. 100 : di atas minimal tanpa bimbingan
Medan, 9 April 2013
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran,
(Drs.H.Purwanto) (Rahmad Nur Rizky)
Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran
Mata Pelajaran : Kompetensi kejuruan Mekanik Otomotif
Kelas/semester : XII /
2
Pertemuan ke : 2
Alokasi Waktu : 2 X 45 menit
Standar Kompetensi :
Pemeliharaan/servis sistem suspensi
Kode Kompetensi : OPKR-40-014
B
Kompetensi Dasar : Memelihara/servis sistem suspensi dan/atau
komponen-komponenn suspensi axel rigid
Indikator :
∙
Pemeliharaan/servis sistem suspensi dilaksana-kan tanpa menyebabkan kerusakan terhadap komponen/sistem
lainnya
∙
Informasi
yang benar diakses dari spesifikasi pabrik dan dipahami.
∙
Pemeliharaan/servis sistem suspensii dilaksana-kan berdasarkan metode dan perlengkapan yang sesuai terhadap spesifika-si
pabrik
∙
Data yang tepat dileng-kapi
sesuai hasil pemeli-haraan/servis
∙
Seluruh kegiatan
peme-liharaan/servis sistem suspensi dilaksanakan berdasarkan
SOP (Standard Operation Procedures), undang-undang K 3
(Keselamatan dan Kesehatan Kerja), peraturan perundang-undangan dan prosedur/
kebijakan perusahaan.
II.
Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat
∙
Konstruksi
dan prinsip kerja sistem suspensi axel rigid
∙
Pemeliharaan/servis sistem suspensi dan komponen-nya.
∙
Standar
prosedur keselamatan kerja.
II. Materi Pokok
∙
Konstruksi dan
prinsip kerja sistem suspensi axel rigid
∙
Pemeliharaan/servis sistem suspensi dan komponen-nya.
∙
Standar
prosedur keselamatan kerja.
III. Metode Pembelajaran
∙
Informasi
∙
Penugasan
∙
Observasi
∙
Diskusi
∙
Demonstrasi
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
∙
Kegiatan Awal
∙
Guru membagikan Modul
Kegiatan Inti
∙
Mempelajarii prinsip kerja
sistem suspensi melalui penggalian
infomasi pada buku manual.
∙
Mempelajari konstruksi sistem
suspensi dengan pegas spiral dan dengan
pegas daun berikut komponen-komponennya
melalui penggalian infomasi pada modul.
∙
Mengidentifikasi peralatan
pemeliharaan/servis sistem kemudi dan/atau komponen-komponennya sesuai
ketentuan data spesifikasi pabrik.
∙
Mempelajari prosedur
pemeriksaan/servis sistem suspensi dan/atau komponen-komponennya dengan menggali informasi melalui buku manual.
∙
Membersihkan pegas spiral dan
pegas daun pada sistem suspensi secara berkala.
∙
Membersihkan shock absorber
secara berkala.
∙
Membersihkan bushing pada
lengan pengontrol atas dan bawah, stabilzer dan dudukan shock absorber secara
berkala.
∙
Mengganti bushing pada lengan
pengontrol atas dan bawah, stabilzer dan dudukan shock absorber secara berkala.
∙
Memeriksa dan mengganti ball
joint lengan pengontrol atas dan bawah.
∙
Mengganti shock absorber dan
pegas spiral
∙
Memeriksa dan mengganti karet
pada dudukan pegas daun.
Kegiatan Akhir
∙
Siswa mengerjakan latihan
soalsoal yang ada pada modul
∙
Guru memberikan penilaian
VI.
Alat dan Sumber Belajar
∙
Modul service sistem suspensi
∙
Buku manual
∙
Suspensi Mc pherson
∙
Double wishbone
∙
Suspensi daun
∙
Special tools
∙
Hand tools
VI. Penilaian
∙
Tes Tertulis
∙
Non test (observasi/cek list)
dan lisan
KRITERIA
KELULUSAN
Aspek
|
Skor
(110)
|
Bobot
|
Nilai
|
Keterangan
|
Kognitif (soal no 1 s.d 5)
|
|
5
|
|
Syarat lulus, nilai minimal 70 dengan skor setiap aspek
minimal 7
|
Ketepatan prosedur pemeriksaan
|
|
1
|
|
|
Hasil pemeriksaan
|
|
2
|
|
|
Ketepatan waktu
|
|
1
|
|
|
Keselamatan kerja
|
|
1
|
|
|
Nilai Akhir
|
|
Kategori kelulusan :
70 s.d. 79 : memenuhi kriteria minimal dengan
bimbingan
80 s.d. 89 : memenuhi kriteria minimal tanpa
bimbingan
90 s.d. 100 : di atas minimal tanpa bimbingan
Medan, 16 April 2013
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran,
(Drs.H.Purwanto) (Rahmad Nur Rizky)
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Kompetensi kejuruan Mekanik Otomotif
Kelas/semester : XII /
2
Pertemuan ke : 3 dan
4
Alokasi Waktu : 4 X 45
menit
Standar Kompetensi :
Pemeliharaan/servis sistem suspensi
Kode Kompetensi : OPKR-40-014
B
Kompetensi Dasar : Memelihara/servis sistem suspensi independen
Indikator :
∙
Pemeliharaan/servis sistem suspensii dilaksana-kan tanpa menyebabkan kerusakan terhadap komponen/sistem
lainnya
∙
Informasi
yang benar diakses dari spesifikasi pabrik dan dipahami.
∙
Pemeliharaan/servis sistem suspensi dilaksana-kan berdasarkan metode dan perlengkapan yang sesuai terhadap
spesifika-si pabrik
∙
Data yang tepat dileng-kapi
sesuai hasil pemeli-haraan/servis
∙
Seluruh kegiatan
peme-liharaan/servis sistem suspensi dilaksanakan berdasarkan
SOP (Standard Operation Procedures), undang-undang K 3
(Keselamatan dan Kesehatan Kerja), peraturan perundang-undangan dan prosedur/
kebijakan perusahaan.
III.
Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat
∙
Konstruksi
dan prinsip kerja sistem suspensi independen
∙
Pemeliharaan/servis sistem suspensi dan komponen-nya.
∙
Standar
prosedur keselamatan kerja.
II. Materi Pokok
∙
Konstruksi
dan prinsip kerja sistem suspensi independen
∙
Pemeliharaan/servis sistem suspensi dan komponen-nya.
∙
Standar
prosedur keselamatan kerja.
III. Metode Pembelajaran
∙
Informasi
∙
Penugasan
∙
Observasi
∙
Diskusi
∙
Demonstrasi
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
∙
Kegiatan Awal
∙
Guru membagikan Modul
Kegiatan Inti
∙
Mempelajarii prinsip kerja
sistem suspensi melalui penggalian
infomasi pada buku manual.
∙
Mempelajari konstruksi sistem
suspensi dengan pegas spiral dan dengan
pegas daun berikut komponen-komponennya
melalui penggalian infomasi pada modul.
∙
Mengidentifikasi peralatan
pemeliharaan/servis sistem kemudi dan/atau komponen-komponennya sesuai
ketentuan data spesifikasi pabrik.
∙
Mempelajari prosedur
pemeriksaan/servis sistem suspensi dan/atau komponen-komponennya dengan menggali informasi melalui buku manual.
∙
Membersihkan pegas spiral dan
pegas daun pada sistem suspensi secara berkala.
∙
Membersihkan shock absorber
secara berkala.
∙
Membersihkan bushing pada
lengan pengontrol atas dan bawah, stabilzer dan dudukan shock absorber secara
berkala.
∙
Mengganti bushing pada lengan
pengontrol atas dan bawah, stabilzer dan dudukan shock absorber secara berkala.
∙
Memeriksa dan mengganti ball
joint lengan pengontrol atas dan bawah.
∙
Mengganti shock absorber dan
pegas spiral
∙
Memeriksa dan mengganti karet
pada dudukan pegas daun.
Kegiatan Akhir
∙
Siswa mengerjakan latihan
soalsoal yang ada pada modul
∙
Guru memberikan penilaian
VII.
Alat dan Sumber Belajar
∙
Modul service sistem suspensi
∙
Buku manual
∙
Suspensi Mc pherson
∙
Double wishbone
∙
Suspensi daun
∙
Special tools
∙
Hand tools
VI. Penilaian
∙
Tes Tertulis
∙
Non test (observasi/cek list)
dan lisan
KRITERIA KELULUSAN
Aspek
|
Skor
(110)
|
Bobot
|
Nilai
|
Keterangan
|
Kognitif (soal no 1 s.d 5)
|
|
5
|
|
Syarat lulus, nilai minimal 70 dengan skor setiap aspek
minimal 7
|
Ketepatan prosedur pemeriksaan
|
|
1
|
|
|
Hasil pemeriksaan
|
|
2
|
|
|
Ketepatan waktu
|
|
1
|
|
|
Keselamatan kerja
|
|
1
|
|
|
Nilai Akhir
|
|
Kategori kelulusan :
70 s.d. 79 : memenuhi kriteria minimal dengan
bimbingan
80 s.d. 89 : memenuhi kriteria minimal tanpa
bimbingan
90 s.d. 100 : di atas minimal tanpa bimbingan
Medan, 23 April 2013
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran,
(Drs.H.Purwanto) (Rahmad Nur Rizky)
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Kompetensi kejuruan Mekanik Otomotif
Kelas/semester : XII /
2
Pertemuan ke : 5 dan
6
Alokasi Waktu : 4 X 45 menit
Standar Kompetensi :
Pemeliharaan/servis sistem suspensi
Kode Kompetensi : OPKR-40-014
B
Kompetensi Dasar : Memelihara/servis pegas dan stalibizer
Indikator :
∙
Pemeliharaan/servis sistem suspensi dilaksana-kan tanpa menyebabkan kerusakan terhadap komponen/sistem
lainnya
∙
Informasi
yang benar diakses dari spesifikasi pabrik dan dipahami.
∙
Pemeliharaan/servis sistem suspensi dilaksana-kan berdasarkan metode dan perlengkapan yang sesuai terhadap
spesifika-si pabrik
∙
Data yang tepat dileng-kapi
sesuai hasil pemeli-haraan/servis
∙
Seluruh kegiatan
peme-liharaan/servis sistem suspensi dilaksanakan berdasarkan SOP (Standard Operation Procedures),
undang-undang K 3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja), peraturan
perundang-undangan dan prosedur/ kebijakan perusahaan.
IV.
Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat
∙
Standar
prosedur keselamatan kerja.
∙
Menerangkan fungsi pegas dan
stabilisator
∙
Menjelaskan macam – macam jenis
pegas yang digunakan pada kendaraan
∙
Memahami konstruksi dan cara
kerja dari berbagai macam pegas dan stabilisator.
II. Materi Pokok
∙
. Menerangkan fungsi pegas dan stabilisator
∙
Menjelaskan macam – macam jenis
pegas yang digunakan pada kendaraan
∙
Memahami konstruksi dan cara
kerja dari berbagai macam pegas dan stabilisator.
∙
Standar
prosedur keselamatan kerja.
III. Metode Pembelajaran
∙
Informasi
∙
Penugasan
∙
Observasi
∙
Diskusi
∙
Demonstrasi
IV. Langkahlangkah Pembelajaran
∙
Kegiatan Awal
∙
Guru membagikan Modul
Kegiatan Inti
∙
Mempelajarii prinsip kerja
sistem suspensi melalui penggalian
infomasi pada buku manual.
∙
Mempelajari konstruksi sistem
suspensi dengan pegas spiral dan dengan
pegas daun berikut komponen-komponennya
melalui penggalian infomasi pada modul.
∙
Mengidentifikasi peralatan
pemeliharaan/servis sistem kemudi dan/atau komponen-komponennya sesuai
ketentuan data spesifikasi pabrik.
∙
Mempelajari prosedur
pemeriksaan/servis sistem suspensi dan/atau komponen-komponennya dengan menggali informasi melalui buku manual.
∙
Membersihkan pegas spiral dan
pegas daun pada sistem suspensi secara berkala.
∙
Membersihkan shock absorber
secara berkala.
∙
Membersihkan bushing pada
lengan pengontrol atas dan bawah, stabilzer dan dudukan shock absorber secara
berkala.
∙
Mengganti bushing pada lengan
pengontrol atas dan bawah, stabilzer dan dudukan shock absorber secara berkala.
∙
Memeriksa dan mengganti ball
joint lengan pengontrol atas dan bawah.
∙
Mengganti shock absorber dan
pegas spiral
∙
Memeriksa dan mengganti karet
pada dudukan pegas daun.
Kegiatan Akhir
∙
Siswa mengerjakan latihan
soalsoal yang ada pada modul
∙
Guru memberikan penilaian
VIII.
Alat dan Sumber Belajar
∙
Modul service sistem suspensi
∙
Buku manual
∙
Pegas daun
∙
stabilizer
∙
Special tools
∙
Hand tools
VI. Penilaian
∙
Tes Tertulis
∙
Non test (observasi/cek list)
dan lisan
KRITERIA KELULUSAN
Aspek
|
Skor
(110)
|
Bobot
|
Nilai
|
Keterangan
|
Kognitif (soal no 1 s.d 5)
|
|
5
|
|
Syarat lulus, nilai minimal 70 dengan skor setiap aspek
minimal 7
|
Ketepatan prosedur pemeriksaan
|
|
1
|
|
|
Hasil pemeriksaan
|
|
2
|
|
|
Ketepatan waktu
|
|
1
|
|
|
Keselamatan kerja
|
|
1
|
|
|
Nilai Akhir
|
|
Kategori kelulusan :
70 s.d. 79 : memenuhi kriteria minimal dengan
bimbingan
80 s.d. 89 : memenuhi kriteria minimal tanpa
bimbingan
90 s.d. 100 : di atas minimal tanpa bimbingan
Medan, Mei 2013
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran,
(Drs.H.Purwanto) (Rahmad Nur Rizky)
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Kompetensi kejuruan Mekanik Otomotif
Kelas/semester : XII /
2
Pertemuan ke : 7 dan
8
Alokasi Waktu : 4 X 45 menit
Standar Kompetensi :
Pemeliharaan/servis sistem suspensi
Kode Kompetensi : OPKR-40-014
B
Kompetensi Dasar : peredam getar ( shock absorber )
Indikator :
∙
Pemeliharaan/servis sistem suspensi dilaksana-kan tanpa menyebabkan kerusakan terhadap komponen/sistem
lainnya
∙
Informasi
yang benar diakses dari spesifikasi pabrik dan dipahami.
∙
Pemeliharaan/servis sistemsuspens dilaksana-kan berdasarkan metode dan perlengkapan yang sesuai terhadap
spesifika-si pabrik
∙
Data yang tepat dileng-kapi
sesuai hasil pemeli-haraan/servis
∙
Seluruh kegiatan
peme-liharaan/servis sistem suspensi dilaksanakan berdasarkan SOP (Standard Operation Procedures),
undang-undang K 3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja), peraturan
perundang-undangan dan prosedur/ kebijakan perusahaan.
V.
Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat
∙
Standar
prosedur keselamatan kerja.
∙
Menjelaskan fungsi peredam
getaran / shoc absorber
∙
Menerangkan konstruksi dan cara
kerja peredam getaran / shoc absorber
∙
Memahami macam – macam peredam
getaran / shoc absorber
II. Materi Pokok
∙
Menjelaskan fungsi peredam
getaran / shoc absorber
∙
Menerangkan konstruksi dan cara
kerja peredam getaran / shoc absorber
∙
Memahami macam – macam peredam
getaran / shoc absorber
∙
Standar
prosedur keselamatan kerja.
III. Metode Pembelajaran
∙
Informasi
∙
Penugasan
∙
Observasi
∙
Diskusi
∙
Demonstrasi
IV. Langkahlangkah Pembelajaran
∙
Kegiatan Awal
∙
Guru membagikan Modul
Kegiatan Inti
∙
Mempelajarii prinsip kerja
sistem suspensi melalui penggalian
infomasi pada buku manual.
∙
Mempelajari konstruksi sistem
suspensi dengan pegas spiral dan dengan
pegas daun berikut komponen-komponennya
melalui penggalian infomasi pada modul.
∙
Mengidentifikasi peralatan
pemeliharaan/servis sistem kemudi dan/atau komponen-komponennya sesuai ketentuan
data spesifikasi pabrik.
∙
Mempelajari prosedur
pemeriksaan/servis sistem suspensi dan/atau komponen-komponennya dengan menggali informasi melalui buku manual.
∙
Membersihkan pegas spiral dan
pegas daun pada sistem suspensi secara berkala.
∙
Membersihkan shock absorber
secara berkala.
∙
Membersihkan bushing pada
lengan pengontrol atas dan bawah, stabilzer dan dudukan shock absorber secara
berkala.
∙
Mengganti bushing pada lengan
pengontrol atas dan bawah, stabilzer dan dudukan shock absorber secara berkala.
∙
Memeriksa dan mengganti ball
joint lengan pengontrol atas dan bawah.
∙
Mengganti shock absorber dan
pegas spiral
∙
Memeriksa dan mengganti karet
pada dudukan pegas daun.
Kegiatan Akhir
∙
Siswa mengerjakan latihan
soalsoal yang ada pada modul
∙
Guru memberikan penilaian
IX.
Alat dan Sumber Belajar
∙
Modul service sistem suspensi
∙
Buku manual
∙
Sohc absorber
∙
Special tools
∙
Hand tools
VI. Penilaian
∙
Tes Tertulis
∙
Non test (observasi/cek list)
dan lisan
KRITERIA KELULUSAN
Aspek
|
Skor
(110)
|
Bobot
|
Nilai
|
Keterangan
|
Kognitif (soal no 1 s.d 5)
|
|
5
|
|
Syarat lulus, nilai minimal 70 dengan skor setiap aspek
minimal 7
|
Ketepatan prosedur pemeriksaan
|
|
1
|
|
|
Hasil pemeriksaan
|
|
2
|
|
|
Ketepatan waktu
|
|
1
|
|
|
Keselamatan kerja
|
|
1
|
|
|
Nilai Akhir
|
|
Kategori kelulusan :
70 s.d. 79 : memenuhi kriteria minimal dengan
bimbingan
80 s.d. 89 : memenuhi kriteria minimal tanpa
bimbingan
90 s.d. 100 : di atas minimal tanpa bimbingan
Medan, Mei 2013
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran,
(Drs.H.Purwanto) (Rahmad Nur Rizky)
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Kompetensi kejuruan Mekanik Otomotif
Kelas/semester : XII /
2
Pertemuan ke : 9 dan
10
Alokasi Waktu : 4 X 45 menit
Standar Kompetensi :
Pemeliharaan/servis sistem suspensi
Kode Kompetensi : OPKR-40-014
B
Kompetensi Dasar : pelepasan dan pemasangan stalibisator
Indikator :
∙
Pemeliharaan/servis sistem suspensii dilaksana-kan tanpa menyebabkan kerusakan terhadap komponen/sistem
lainnya
∙
Informasi
yang benar diakses dari spesifikasi pabrik dan dipahami.
∙
Pemeliharaan/servis sistem suspensii dilaksana-kan berdasarkan metode dan perlengkapan yang sesuai terhadap
spesifika-si pabrik
∙
Data yang tepat dileng-kapi
sesuai hasil pemeli-haraan/servis
∙
Seluruh kegiatan
peme-liharaan/servis sistem suspensi dilaksanakan berdasarkan SOP (Standard Operation Procedures),
undang-undang K 3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja), peraturan
perundang-undangan dan prosedur/ kebijakan perusahaan.
VI.
Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat
∙
Standar
prosedur keselamatan kerja.
∙
Membongkar bagian – bagian dari
sistem stabilisator
∙
Memeriksa bagian – bagian
stabillisator
∙
Memasang bagian – bagian
stabilisator
II. Materi Pokok
∙
Menjelaskan fungsi peredam getaran / shoc
absorber
∙
Menerangkan konstruksi dan cara
kerja peredam getaran / shoc absorber
∙
Memahami macam – macam peredam
getaran / shoc absorber
∙
Standar
prosedur keselamatan kerja.
III. Metode Pembelajaran
∙
Informasi
∙
Penugasan
∙
Observasi
∙
Diskusi
∙
Demonstrasi
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
∙
Kegiatan Awal
∙
Guru membagikan Modul
Kegiatan Inti
∙
Mempelajarii prinsip kerja
sistem suspensi melalui penggalian
infomasi pada buku manual.
∙
Mempelajari konstruksi sistem
suspensi dengan pegas spiral dan dengan
pegas daun berikut komponen-komponennya
melalui penggalian infomasi pada modul.
∙
Mengidentifikasi peralatan
pemeliharaan/servis sistem kemudi dan/atau komponen-komponennya sesuai
ketentuan data spesifikasi pabrik.
∙
Mempelajari prosedur
pemeriksaan/servis sistem suspensi dan/atau komponen-komponennya dengan menggali informasi melalui buku manual.
∙
Membersihkan pegas spiral dan
pegas daun pada sistem suspensi secara berkala.
∙
Membersihkan shock absorber
secara berkala.
∙
Membersihkan bushing pada
lengan pengontrol atas dan bawah, stabilzer dan dudukan shock absorber secara
berkala.
∙
Mengganti bushing pada lengan
pengontrol atas dan bawah, stabilzer dan dudukan shock absorber secara berkala.
∙
Memeriksa dan mengganti ball
joint lengan pengontrol atas dan bawah.
∙
Mengganti shock absorber dan
pegas spiral
∙
Memeriksa dan mengganti karet
pada dudukan pegas daun.
Kegiatan Akhir
∙
Siswa mengerjakan latihan
soalsoal yang ada pada modul
∙
Guru memberikan penilaian
X.
Alat dan Sumber Belajar
∙
Modul service sistem suspensi
∙
Buku manual
∙
stalibisator
∙
Special tools
∙
Hand tools
VI. Penilaian
∙
Tes Tertulis
∙
Non test (observasi/cek list)
dan lisan
KRITERIA KELULUSAN
Aspek
|
Skor
(110)
|
Bobot
|
Nilai
|
Keterangan
|
Kognitif (soal no 1 s.d 5)
|
|
5
|
|
Syarat lulus, nilai minimal 70 dengan skor setiap aspek minimal
7
|
Ketepatan prosedur pemeriksaan
|
|
1
|
|
|
Hasil pemeriksaan
|
|
2
|
|
|
Ketepatan waktu
|
|
1
|
|
|
Keselamatan kerja
|
|
1
|
|
|
Nilai Akhir
|
|
Kategori kelulusan :
70 s.d. 79 : memenuhi kriteria minimal dengan
bimbingan
80 s.d. 89 : memenuhi kriteria minimal tanpa
bimbingan
90 s.d. 100 : di atas minimal tanpa bimbingan
Medan, Mei 2013
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran,
(Drs.H.Purwanto) (Rahmad Nur Rizky)
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Kompetensi kejuruan Mekanik Otomotif
Kelas/semester : XII /
2
Pertemuan ke : 11 dan
12
Alokasi Waktu : 4 X 45 menit
Standar Kompetensi :
Pemeliharaan/servis sistem suspensi
Kode Kompetensi : OPKR-40-014
B
Kompetensi Dasar : pelepasan dan pemasangan bantalan karet pegas daun
Indikator :
∙
Pemeliharaan/servis sistem suspensi dilaksana-kan tanpa menyebabkan kerusakan terhadap komponen/sistem
lainnya
∙
Informasi
yang benar diakses dari spesifikasi pabrik dan dipahami.
∙
Pemeliharaan/servis sistem suspensi dilaksana-kan berdasarkan metode dan perlengkapan yang sesuai terhadap
spesifika-si pabrik
∙
Data yang tepat dileng-kapi
sesuai hasil pemeli-haraan/servis
∙
Seluruh kegiatan
peme-liharaan/servis sistem suspensi dilaksanakan berdasarkan
SOP (Standard Operation Procedures), undang-undang K 3
(Keselamatan dan Kesehatan Kerja), peraturan perundang-undangan dan prosedur/
kebijakan perusahaan.
VII.
Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat
∙
Standar
prosedur keselamatan kerja.
∙
Membongkar bantalan karet pegas
daun
∙
Memeriksa bantalan karet
∙
Mengganti dan memasang bantalan
karet pegas daun
II.
Materi Pokok
∙
Membongkar bantalan karet pegas
daun
∙
Memeriksa bantalan karet
∙
Mengganti dan memasang bantalan
karet pegas daun
∙
. Standar prosedur keselamatan kerja.
III. Metode Pembelajaran
∙
Informasi
∙
Penugasan
∙
Observasi
∙
Diskusi
∙
Demonstrasi
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
∙
Kegiatan Awal
∙
Guru membagikan Modul
Kegiatan Inti
∙
Mempelajarii prinsip kerja
sistem suspensi melalui penggalian
infomasi pada buku manual.
∙
Mempelajari konstruksi sistem
suspensi dengan pegas spiral dan dengan
pegas daun berikut komponen-komponennya
melalui penggalian infomasi pada modul.
∙
Mengidentifikasi peralatan
pemeliharaan/servis sistem kemudi dan/atau komponen-komponennya sesuai
ketentuan data spesifikasi pabrik.
∙
Mempelajari prosedur
pemeriksaan/servis sistem suspensi dan/atau komponen-komponennya dengan menggali informasi melalui buku manual.
∙
Membersihkan pegas spiral dan
pegas daun pada sistem suspensi secara berkala.
∙
Membersihkan shock absorber
secara berkala.
∙
Membersihkan bushing pada
lengan pengontrol atas dan bawah, stabilzer dan dudukan shock absorber secara
berkala.
∙
Mengganti bushing pada lengan
pengontrol atas dan bawah, stabilzer dan dudukan shock absorber secara berkala.
∙
Memeriksa dan mengganti ball
joint lengan pengontrol atas dan bawah.
∙
Mengganti shock absorber dan
pegas spiral
∙
Memeriksa dan mengganti karet
pada dudukan pegas daun.
Kegiatan Akhir
∙
Siswa mengerjakan latihan
soalsoal yang ada pada modul
∙
Guru memberikan penilaian
XI.
Alat dan Sumber Belajar
∙
Modul service sistem suspensi
∙
Buku manual
∙
Pegas daun
∙
Karet pegas daun
∙
Special tools
∙
Hand tools
VI. Penilaian
∙
Tes Tertulis
∙
Non test (observasi/cek list)
dan lisan
KRITERIA KELULUSAN
Aspek
|
Skor
(110)
|
Bobot
|
Nilai
|
Keterangan
|
Kognitif (soal no 1 s.d 5)
|
|
5
|
|
Syarat lulus, nilai minimal 70 dengan skor setiap aspek
minimal 7
|
Ketepatan prosedur pemeriksaan
|
|
1
|
|
|
Hasil pemeriksaan
|
|
2
|
|
|
Ketepatan waktu
|
|
1
|
|
|
Keselamatan kerja
|
|
1
|
|
|
Nilai Akhir
|
|
Kategori kelulusan :
70 s.d. 79 : memenuhi kriteria minimal dengan bimbingan
80 s.d. 89 : memenuhi kriteria minimal tanpa
bimbingan
90 s.d. 100 : di atas minimal tanpa bimbingan
Medan, Mei 2013
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran,
(Drs.H.Purwanto) (Rahmad Nur Rizky)
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Kompetensi kejuruan Mekanik Otomotif
Kelas/semester : XII /
2
Pertemuan ke : 13 dan
14
Alokasi Waktu : 4 X 45 menit
Standar Kompetensi :
Pemeliharaan/servis sistem suspensi
Kode Kompetensi : OPKR-40-014
B
Kompetensi Dasar :Membongkar,
memperbaiki dan memasang kembalisuspenseMc.Pherson
Indikator :
∙
Pemeliharaan/servis sistem suspensi dilaksana-kan tanpa menyebabkan kerusakan terhadap komponen/sistem
lainnya
∙
Informasi
yang benar diakses dari spesifikasi pabrik dan dipahami.
∙
Pemeliharaan/servis sistem suspensi dilaksana-kan berdasarkan metode dan perlengkapan yang sesuai terhadap
spesifika-si pabrik
∙
Data yang tepat dileng-kapi
sesuai hasil pemeli-haraan/servis
∙
Seluruh kegiatan
peme-liharaan/servis sistem suspensi dilaksanakan berdasarkan SOP (Standard Operation Procedures),
undang-undang K 3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja), peraturan
perundang-undangan dan prosedur/ kebijakan perusahaan.
VIII.
Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat
∙
Membongkar, memeriksa,
memperbaiki dan memasang kembali suspensi Mc. Pherson.
∙
Standar
prosedur keselamatan kerja.
III.
Materi Pokok
∙
. Standar prosedur keselamatan kerja.
∙
Membongkar, memeriksa,
memperbaiki dan memasang kembali suspensi Mc. Pherson.
III. Metode Pembelajaran
∙
Informasi
∙
Penugasan
∙
Observasi
∙
Diskusi
∙
Demonstrasi
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
∙
Kegiatan Awal
∙
Guru membagikan Modul
Kegiatan Inti
∙
Mempelajarii prinsip kerja
sistem suspensi melalui penggalian
infomasi pada buku manual.
∙
Mempelajari konstruksi sistem
suspensi dengan pegas spiral dan dengan
pegas daun berikut komponen-komponennya
melalui penggalian infomasi pada modul.
∙
Mengidentifikasi peralatan
pemeliharaan/servis sistem kemudi dan/atau komponen-komponennya sesuai ketentuan
data spesifikasi pabrik.
∙
Mempelajari prosedur
pemeriksaan/servis sistem suspensi dan/atau komponen-komponennya dengan menggali informasi melalui buku manual.
∙
Membersihkan pegas spiral dan
pegas daun pada sistem suspensi secara berkala.
∙
Membersihkan shock absorber
secara berkala.
∙
Membersihkan bushing pada
lengan pengontrol atas dan bawah, stabilzer dan dudukan shock absorber secara
berkala.
∙
Mengganti bushing pada lengan
pengontrol atas dan bawah, stabilzer dan dudukan shock absorber secara berkala.
∙
Memeriksa dan mengganti ball
joint lengan pengontrol atas dan bawah.
∙
Mengganti shock absorber dan
pegas spiral
∙
Memeriksa dan mengganti karet
pada dudukan pegas daun.
Kegiatan Akhir
∙
Siswa mengerjakan latihan
soalsoal yang ada pada modul
∙
Guru memberikan penilaian
XII.
Alat dan Sumber Belajar
∙
Modul service sistem suspensi
∙
Buku manual
∙
suspensi Mc.Pherson
∙
Special tools
∙
Hand tools
VI. Penilaian
∙
Tes Tertulis
∙
Non test (observasi/cek list)
dan lisan
KRITERIA KELULUSAN
Aspek
|
Skor
(110)
|
Bobot
|
Nilai
|
Keterangan
|
Kognitif (soal no 1 s.d 5)
|
|
5
|
|
Syarat lulus, nilai minimal 70 dengan skor setiap aspek
minimal 7
|
Ketepatan prosedur pemeriksaan
|
|
1
|
|
|
Hasil pemeriksaan
|
|
2
|
|
|
Ketepatan waktu
|
|
1
|
|
|
Keselamatan kerja
|
|
1
|
|
|
Nilai Akhir
|
|
Kategori kelulusan :
70 s.d. 79 : memenuhi kriteria minimal dengan
bimbingan
80 s.d. 89 : memenuhi kriteria minimal tanpa
bimbingan
90 s.d. 100 : di atas minimal tanpa bimbingan
Medan, Juni 2013
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran,
(Drs.H.Purwanto) (Rahmad Nur Rizky)
Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran
Mata Pelajaran : Kompetensi kejuruan Mekanik Otomotif
Kelas/semester : XII /
2
Pertemuan ke : 15 dan
16
Alokasi Waktu : 4 X 45 menit
Standar Kompetensi : Pemeliharaan/servis
sistem suspensi
Kode Kompetensi : OPKR-40-014
B
Kompetensi Dasar : Membongkar, memeriksa dan memasang kembali
suspensi wishbone dengan pegas
daun, koil dan batang torsi
Indikator :
∙
Pemeliharaan/servis sistem suspensi dilaksana-kan tanpa menyebabkan kerusakan terhadap komponen/sistem
lainnya
∙
Informasi
yang benar diakses dari spesifikasi pabrik dan dipahami.
∙
Pemeliharaan/servis sistem suspensi dilaksana-kan berdasarkan metode dan perlengkapan yang sesuai terhadap
spesifika-si pabrik
∙
Data yang tepat dileng-kapi
sesuai hasil pemeli-haraan/servis
∙
Seluruh kegiatan
peme-liharaan/servis sistem suspensi dilaksanakan berdasarkan SOP (Standard Operation Procedures),
undang-undang K 3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja), peraturan
perundang-undangan dan prosedur/ kebijakan perusahaan.
IX.
Tujuan Pembelajaran
∙
Siswa dapat Membongkar,
memeriksa dan memasang kembali suspensi wishbone dengan pegas daun, koil dan
batang torsi
∙
Standar
prosedur keselamatan kerja.
IV.
Materi Pokok
∙
. Standar prosedur keselamatan kerja.
∙
Membongkar, memeriksa dan
memasang kembali suspensi wishbone dengan pegas daun, koil dan batang torsi
.
III. Metode Pembelajaran
∙
Informasi
∙
Penugasan
∙
Observasi
∙
Diskusi
∙
Demonstrasi
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
∙
Kegiatan Awal
∙
Guru membagikan Modul
Kegiatan Inti
∙
Mempelajarii prinsip kerja
sistem suspensi melalui penggalian
infomasi pada buku manual.
∙
Mempelajari konstruksi sistem
suspensi dengan pegas spiral dan dengan
pegas daun berikut komponen-komponennya
melalui penggalian infomasi pada modul.
∙
Mengidentifikasi peralatan
pemeliharaan/servis sistem kemudi dan/atau komponen-komponennya sesuai
ketentuan data spesifikasi pabrik.
∙
Mempelajari prosedur
pemeriksaan/servis sistem suspensi dan/atau komponen-komponennya dengan menggali informasi melalui buku manual.
∙
Membersihkan pegas spiral dan
pegas daun pada sistem suspensi secara berkala.
∙
Membersihkan shock absorber
secara berkala.
∙
Membersihkan bushing pada
lengan pengontrol atas dan bawah, stabilzer dan dudukan shock absorber secara
berkala.
∙
Mengganti bushing pada lengan
pengontrol atas dan bawah, stabilzer dan dudukan shock absorber secara berkala.
∙
Memeriksa dan mengganti ball
joint lengan pengontrol atas dan bawah.
∙
Mengganti shock absorber dan
pegas spiral
∙
Memeriksa dan mengganti karet
pada dudukan pegas daun.
Kegiatan Akhir
∙
Siswa mengerjakan latihan
soalsoal yang ada pada modul
∙
Guru memberikan penilaian
XIII.
Alat dan Sumber Belajar
∙
Modul service sistem suspensi
∙
Buku manual
∙
Suspense wishbone
∙
Special tools
∙
Hand tools
VI. Penilaian
∙
Tes Tertulis
∙
Non test (observasi/cek list)
dan lisan
KRITERIA KELULUSAN
Aspek
|
Skor
(110)
|
Bobot
|
Nilai
|
Keterangan
|
Kognitif (soal no 1 s.d 5)
|
|
5
|
|
Syarat lulus, nilai minimal 70 dengan skor setiap aspek
minimal 7
|
Ketepatan prosedur pemeriksaan
|
|
1
|
|
|
Hasil pemeriksaan
|
|
2
|
|
|
Ketepatan waktu
|
|
1
|
|
|
Keselamatan kerja
|
|
1
|
|
|
Nilai Akhir
|
|
Kategori kelulusan :
70 s.d. 79 : memenuhi kriteria minimal dengan
bimbingan
80 s.d. 89 : memenuhi kriteria minimal tanpa
bimbingan
90 s.d. 100 : di atas minimal tanpa bimbingan
Medan, Juni 2013
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran,
(Drs.H.Purwanto) (Rahmad Nur Rizky)
No comments:
Post a Comment